Senin, 02 Maret 2015

Konstruktivisme

Konstruktivisme berasal dari kata konstruksi. Dari maknanya, konstruksi kita kenal sangat berhubungan dengan bangunan. Konstruksi berkaitan erat dengan bangunan, bentuk, rancang bangun, dan segala hal lain yang berhubungan dengan tata ruang. Sedangkan konstruktivisme lebih cenderung ke arah sebuah paham, teori atau filsafat. Berikut ini merupakan penjelasan tentang apa itu konstruktivisme.

Teori konstruktivisme menjelaskan bahwa pengetahuan seseorang adalah bentukan (konstruksi) orang itu sendiri. Pengetahuan seseorang akan sesuatu benda, bukanlah tiruan benda itu, melainkan konstruksi pemikiran seseorang akan benda tersebut. Tanpa keaktifan seseorang mencerna dan membentuknya, seseorang tidak akan mempunyai pengetahuan. Oleh karena itu, Piaget menyatakan secara ekstrem bahwa pengetahuan tidak dapat ditransfer dari otak guru yang dianggap tahu bila murid tidak mengolah dan membentuknya sendiri (Paul Suparno, 2000: 122-123)

Bentukan pengetahuan yang dimaksud di sini adalah bahwa pengetahuan seseorang itu bukanlah dari hasil transfer pengetahuan dari orang yang satu dengan orang yang lainnya, melainkan sangat berhubungan dengan cara seseorang dalam mencerna, mengonstruksi, sebuah pengetahuan yang didapatkan. Jika demikian, bisa jadi, apa yang dijelaskan oleh seseorang tidak sama dengan apa yang telah diterima oleh orang yang diajarkannya, karena seseorang mengonstruksi sendiri apa yang diterimanya, sesuai dengan kemampuan berpikirnya.

Salah satu landasan teori pendidikan modern adalah teori pembelajaran konstuktivistik. Pendekatan ini pada dasarnya menekankan pentingnya siswa membangun sendiri pengetahuan mereka lewat keterlibatan aktif proses belajar mengajar. Pandangan konstruktivisme lahir dari gagasan Piaget dan Vigotsky, yang beranggapan bahwa pengetahuan itu merupakan hasil konstruksi atau bentukan kognitif melalui kegiatan seseorang. Pendekatan ini menekankan pentingnya siswa membangun sendiri pengetahuan mereka lewat keterlibatan aktif proses belajar mengajar. Pendapat ini sesuai dengan pandangan Von Glasrfield Suparno yang menyatakan bahwa pengetahuan itu dibentuk oleh struktur konsep seseorang sewaktu ia berinteraksi dengan lingkungannya. Pengertian teori belajar konstruktivisme menurut Anita Woolfolk mengemukakan pendekatan konstruktivistik sebagai pembelajaran yang menekankan pada peran aktif siswa dalam membangun pemahaman dan memberi makna terhadap informasi dan peristiwa yang dialami. Teori belajar konstruktivisme ini memandang bahwa pengetahuan itu ada dalam diri seseorang yang sedang mengetahui. Von Galserfeld mengemukakan bahwa ada beberapa proses mengonstruksi pengetahuan, yaitu kemampuan mengingat dan mengungkapkan kembali pengalaman, kemampuan membandingkan dan mengambil keputusan akan kesamaan dan perbedaan dan kemampuan untuk lebih menyukai suatu pengalaman yang satu dari pada yang lainnya (Ni Putu Diantari, 2014: 4).

Berdasarkan teori-teori tersebut, maka dapat diketahui bahwasanya proses mengonstruksi pengetahuan melibatkan kemampuan mengingat dan mengungkapkan kembali apa yang telah diketahui, kemampuan membandingkan dan mengambil keputusan persamaan dan perbedaan dari apa yang telah diketahui sebelumnya dengan pengetahuan baru yang didapatkan. Meskipun menitikberatkan pada kemampuan siswa, akan tetapi tidak serta merta pendekatan konstruktivisme ini mengabaikan peran guru, karena pengetahuan itu dibentuk oleh struktur konsep seseorang sewaktu ia berinteraksi dengan lingkungannya. Sehingga, guru harus cakap dalam mengelola lingkungan kelas untuk menciptakan proses pembelajaran aktif yang menuntun siswa menuju pengonstruksian pengetahuan.

 

Referensi:

  • Ni Putu Diantari, Dkk, Penerapan Pendekatan Pembelajaran Konstruktivistik untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IVB SDN 17 Dauh Puri Tahun Ajaran 2013/2014. e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Volume 2 Nomor 1, Tahun 2014.
  • Paul Suparno, Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius, 2000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kotak Pencarian