Kamis, 06 November 2014

Teknologi Pembelajaran

Istilah teknologi pembelajaran tentu sudah sering kita dengar, terlebih pada era yang sudah sarat dengan teknologi seperti saat ini. Pemanfaatan teknologi menjadi salah satu cara yang dapat digunakan untuk memudahkan kegiatan pembelajaran baik pada institusi pendidikan formal maupun nonformal. Pemanfaatan teknologi pembelajaran menyesuaikan dengan karakteristik siswa, dan lingkungan siswa dalam keseharian. Guru harus dengan jeli memilih teknologi pembelajaran yang sesuai agar ia dapat menggunakannya dengan mudah, dan siswa juga tentu diharapkan lebih mudah menyerap pelajaran dengan bantuan teknologi pembelajaran ini.

Teknologi pembelajaran (instructional technology) merupakan suatu bidang kajian khusus (spesialisasi) ilmu pendidikan dengan objek formal belajar pada manusia secara pribadi atau yang tergabung dalam suatu organisasi. Belajar tidak hanya berlangsung dalam lingkup persekolahan (lembaga pendidikan) ataupun pelatihan, tetapi juga pada organisasi, misalnya keluarga, masyarakat, dunia usaha, bahkan pemerintahan. Belajar bukan hanya dilakukan oleh dan untuk individu, melainkan oleh dan untuk kelompok, bahkan oleh organisasi secara keseluruhan.

Belajar dapat di mana saja, kapan saja dan pada siapa saja, mengenai apa saja, dengan cara dan sumber apa saja yang sesuai dengan kondisi dan keperluan atau kebutuhan. Oleh karena itu, teknologi pembelajaran berupaya untuk memacu (merangsang) dan memicu (menumbuhkan) belajar. Maksudnya, menekankan pada hasil belajar dan menjelaskan bahwa belajar adalah tujuannya dan pembelajaran adalah sarana untuk mencapai tujuan tersebut (Bambang Warsita, 2008: 1).”

“Rumusan tentang teknologi pembelajaran telah mengalami beberapa perubahan, sejalan dengan sejarah dan perkembangan dari teknologi pembelajaran itu sendiri. Pengertian teknologi pembelajaran berkembang sebagai akibat dari meningkatnya tuntutan terhadap pendidikan yang tidak dapat diselesaikan dengan cara-cara konvensional, dan karena dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan peluang atau alternatif baru (Bambang Warsita, 2008: 13).”

Referensi:

  • Bambang Warsita, Teknologi Pembelajaran – Landasan & Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kotak Pencarian